Gen Pencegah HIV Ditemukan


Promkes………….

PARA ilmuwan telah berhasil mengisolasi dua gen yang dikabarkan dapat mencegah seseorang terkena HIV atau sekurangnya memperlambat inkubasi hingga menjadi AIDS. Dua gen ini diisolasi dengan membandingkan profil genetik manusia di tahun pertama mereka terkena HIV dengan mereka yang resisten terhadap infeksi meski sudah terpapar virus berkali-kali.

Versi-versi ‘terbaik’ dari dua gen tampak pada 12,2 persen mereka yang resisten terhadap infeksi. Sementara 2,7 persen hanya ada pada mereka yang telah terinfeksi HIV. Meski begitu, para ilmuwan belum yakin bagaimana proses perlindungan ini berlangsung.

Salah satu kode gen untuk sebuah reseptor di permukaan sel-sel pembunuh alami sistem kekebalan tubuh yang hancur telah menginfeksi sel-sel dalam tubuh. Kode-kode lain untuk sebuah protein menempel pada gen pertama dan menyusutkan aktivitas sel-sel pembunuh alami. Penjelasan yang kerap muncul adalah bahwa HIV mencegah protein yang menyusutkan aktivitas sel-sel pembunuh sehingga sel-sel pembunuh itu dapat menghancurkan sel-sel yang terinfeksi dengan HIV.

Karena hal ini berlangsung segera setelah infeksi awal, orang yang membawa gen-gen itu mungkin akan lebih efisien dalam menghancurkan sel-sel yang terinfeksi dan memperkecil kesempatan AIDS untuk berkembang.

“Yang jelas, penelitian lanjut dibutuhkan sekali untuk menentukan mekanisme yang tepat dibalik mekanisme perlindungan yang kita amati. Dan tentu saja temua ini membukakan jalan ke arah yang menjanjikan,” jelas Nicole Bernard dari Research Institute of the McGill University Health Centre.

“Di masa mendatang, hasil temuan kami dapat digunakan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan dengan demikian menyerang virus segera setelah masuk tubuh,” tegas Nicole/AP

dikutip dari : http://www.infeksi.com

Satu Tanggapan to “Gen Pencegah HIV Ditemukan”

  1. HIV AIDS bukan penyakit yang perlu ditakuti selama kita berperilaku sehat ya nggak?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: