KIRAIN LNG SENORO-TOILI TDK BERMASALAH…..ADUH KAPAN KOTAKU INI DIKENAL ORG BANYAK


085209aapSengketa PT LNG Energi Utama (LNG-EU) dan Mitsubishi Corporation (MC) terkait rencana pembangunan kilang gas alam cair (liquiefied natural gas/LNG) di Senoro, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah dipastikan akan menjadi perkara pada Maret 2009 mendatang. Saat ini, sengketa tersebut sedang dalam proses klarifikasi di Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU).

Kuasa Hukum LNG-EU Rikrik Rizkiyana mengatakan proses klarifikasi akan selesai akhir Januari 2009. “Seharusnya sudah selesai. Namun diperpanjang,” kata Rikrik, di Plasa DM, Jakarta, Kamis (4/12).

Tanggal 28 Agustus 2008, LNG-EU melaporkan dugaan praktek kecurangan bisnis yang dilakukan Mitsubishi Corporation (MC) kepada KPPU. Menurut Rikrik, MC telah menghalangi persaingan di pasar terhadap LNG-EU.”MC telah melakukan tindakan praktek anti persaingan usaha, yang dilarang dalam UU Persaingan Usaha No.5 tahun 1999,” ujarnya.

Rikrik mengatakan MC melanggar pasal 20 UU No.5/1999 mengenai penentuan harga (preditory pricing) dan pasal 21 UU No.5/1999 tentang biaya produksi dan biaya lainnya yang dinilai tidak tepat.

Dalam laporannya ke KPPU, LNG-EU menuntut klaim ganti rugi 700 juta dollar AS kepada MC.Semula, MC melakukan due dilligent terhadap LNG-EG dan mengajukan penawaran dengan harga yang murah mendekati harga yang ditawarkan LNG-EU dalam tender kilang gas di Senoro dan Matindok.

Saat tender tersebut, LNG-EU menawarkan 500 juta dolar AS, dan MC menawarkan sekitar 600-800 dolar AS.Namun setelah MC mendapatkan proyek tersebut, ternyata nilai anggaran proyeknya menggelembung menjadi 1,8 miliar dollar AS.

Selain merugikan PT LNG-EU, hal ini juga dinilai berpotensi menimbulkan kerugian negara berupa menurunnya pasokan gas di dalam negeri. Estimasi kerugian materil Pemerintah diperkirakan sekitar 7,553 miliar dollar AS. Proyek ini juga menimbulkan kerugian bagi masyarakat di Sulawesi Tengah karena dana bagi hasil (DBH) yang seharusnya bisa mereka terima mulai tahun 2008, namun karena proyek ini tertunda sampai empat tahun ke belakang, maka DBH juga mundur diterima.

Lebih lanjut Rikrik mengatakan hingga kini MC masih menutup diri atas tawaran perdamaian LNG-EU. Padahal, Rikrik mengaku telah melakukan proses negosiasi akan kemungkinan ditempuhnya jalan damai. “Hingga kini surat yang kami buat tidak ada konfirmasi maupun tanggapan dari pihak terlapor,” tutur Rikrik

Silahkan komentarnya teman-teman pemerhati perkembangan kota luwuk yang torang cinta….

DI KUTIP DARI BERITA : WWW.KOMPAS.COM

3 Tanggapan to “KIRAIN LNG SENORO-TOILI TDK BERMASALAH…..ADUH KAPAN KOTAKU INI DIKENAL ORG BANYAK”

  1. ahmad busairi Says:

    bagaimana selanjutnya….???
    saya juga berharap LNG Senoro sudah dapat berproduksi 2012 sesuai jadwal …tapi nyatanya..banyak masalah…
    Saya dulu bekerja di PT. BUminata Cita Banggai Energy sebagai Teknisi Pembangkit Listrik tenaga Air, dengan alasan mencari pengalaman di Dunia MI_Gas, saya tinggalkan Luwuk (Kampung Halaman) untuk mencari pengalaman di Balikpapan, khsususnya di perusahaan yg bergerak di Dunia Migas. saat ini saya sedang menyelesaikan proyek pembangunan Platform lepas pantai milik PT. Chevron. berharap pengalaman yg saya dapat akan berguna nanati setelah Kilang LNG di Luwuk beroperasi. tapi kalau keadaanya seperti ini……kapan kita bisa maju….?????

    salam kenal broy……..dari Ahmad ( tinggal di Desa beringin Jaya II, kecamatan Bunta, Transmigrasi) 0813 4621 7989

  2. Andreas kusi Says:

    Untuk membangun Kabupaten Banggai pemerintah daerah harus bekerja sama dengan pemerintah pusat unutk mengambil suatu keputusan yang cepat demi kepentingan daerah yang kita cinta ini dan harus transparant dalam bidang apapun.
    Saya sebgai putra daerah sangat menyayangkan bila masalah ini belum diselesaikan dengan baik…..saya sarankan bila produksi sudah berjalan pemerintah daerah harus merekomendasikan atau memperkerjakan putra daerah…..jangan pernah tidur putra daerah……mari maju terus demi perkembangan kabupaten yang kita banggakan ini…..Andrew

  3. Iya sudah jauh-jauh hari mau dengar kabar gimana berita proyeknya kapan di mulai,tapi sampai sekarang masih simpang siur,di bidang kerja,saya specialist blaster/painter,sudah banyak proyek yang sudah kupoles,kubuat indah,musuh berat saya karat atau segala macam korosi,bila kesampaian bisa ke senoro,tambah pengalaman baru setelah balikpapan,bontang,pulau seram,papua barat,lampung,bila anda melihat konstruksi terlihat cantik,dengan warna-warni cat,itulah bidang kerjaku,saya harap putra daerah tidak perlu mempermasalahkan pekerja musiman seperti saya dan teman-teman saya.thanks 081347574894

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: