Pesan Sophan Sophiaan sebelum wafat


Dia mengajak Erros Djarot membuat film untuk membongkar korupsi dan kebusukan orang-orang partai politik. ”Kita bikin saja filmnya, biar rakyat tahu siapa mereka sesungguhnya.”

Siapa yang tidak kenal almarhum Sophan Sophiaan, 64 tahun, bintang film senior yang jadi panutan kalangan selebriti karena senantiasa rukun dengan isterinya yang juga aktris papan atas, Widyawati. Selain sebagai aktor, Sophan juga dikenal sebagai politisi yang lurus. Dulu dia nekat mundur dari jabatannya di DPR, dari Partai PDI Perjuangan, karena tidak tahan lagi melihat ulah oknum-oknum wakil rakyat yang korup.

Tentang Sophan Sophiaan, ada yang menarik pada artikel Erros Djarot di majalah Tempo edisi pekan lalu, yakni soal keinginan Sophan membuat film membongkar kebusukan politisi kita. Djarot menulis:

Berbagai kekecewaan terhadap partai dan ”kawan-kawan” seperjuangannya semasa melawan rezim Orde Baru sering kali diungkapkan dengan membujuk saya untuk membuat film tentang peristiwa politik di balik gerakan Reformasi. ”Kita bikin saja filmnya, Ros, biar rakyat tahu siapa mereka sesungguhnya. Kita bongkar berbagai kebusukan teman-teman kita yang tega jadi pelacur, menjual rakyat, dan memperkaya diri sendiri.”

Erros Djarot adalah sahabat Sophan, sama-sama orang film. Sebelum mendirikan Partai Nasionalis Banteng Kemerdekaan [PNBK], Erros terkenal sebagai pencipta lagu legendaris Badai pasti berlalu, sutradara film hebat Tjoet Nja’ Dhien, dan wartawan idealis yang ikut melawan Soeharto dan Harmoko dengan risiko tabloidnya, Detik, ditutup oleh pemerintah.

Dalam artikel di Tempo, Erros juga menulis mengapa Sophan Sophiaan lebih tepat dijuluki sebagai seorang moralis ketimbang politikus: Dunia politik yang biasanya bergerak dan berpusar di antara kata ”menang” dan ”kalah”, dalam khazanah politik seorang Sophan diganti menjadi masalah ”benar” dan ”salah”.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: