Hari Malaria Sedunia… Saatnya Membuat Dunia Peduli!!!!


World Malaria DayHari malaria sedunia diperingati pada tanggal 25 April setiap tahun. Sebagai bentuk upaya memerangi penyakit menular ini, peringatan hari malaria sedunia tahun 2008 mengangkat tema “Saatnya Membuat Dunia Peduli”. Momen ini juga dapat dijadikan sebagai ajang bagi berbagai pihak untuk turut berkontribusi dalam upaya pengendalian malaria.

Hari malaria sedunia dapat menjadi perayaan upaya global dalam memberikan pengendalian malaria yang efektif di seluruh dunia. Demikian seperti dikutip dari situs resmi Badan Kesehatan Dunia (WHO). Melalui world malaria day, negara-negara yang berstatus bebas malaria dapat mempelajari bahaya yang ditimbulkan oleh malaria. Sedangkan bagi negara donor baru, dapat bergabung dalam kerjasama global (global partnership) melawan malaria.

Momen ini juga dapat dimanfaatkan kalangan peneliti dan lembaga akademis dalam rangka mengembangkan keilmuan mereka yang pada akhirnya dapat berguna bagi masyarakat luas. Bagi negara-negara yang masih berkutat dengan permasalahan penyakit menular ini, dapat belajar dari pengalaman dan upaya masing-masing. Sebuah kesempatan pula bagi negara partner, perusahaan dan yayasan internasional untuk mempertunjukkan hasil kerja mereka dan saling merefleksi bagaimana meningkatkan apa yang telah mereka buktikan. Demikian rilis WHO.

Pada World Malaria Day RBM partners akan menyajikan bagian mereka mengenai malaria; sebuah kisah mengenai perjuangan dan keberhasilan; kisah yang mencuri perhatian dunia dan menjadikannya sebagai masalah inti serta mengajak komunitas global untuk ambil bagian dalam mencari solusi.

Penyakit menular yang telah mengganggu manusia sejak zaman dahulu dan terus berlanjut menghantui 40% penduduk dunia ini, setidaknya sudah menginfeksi lebih dari 500 juta jiwa per tahun dan menyebabkan lebih dari 1 juta jiwa meninggal.

Rilis WHO menyebutkan bahwa Hari Malaria sedunia bukanlah hari untuk takut dan bersedih. Melainkan hari untuk memutuskan dan optimis, sebagaimana masyaralat global yang hingga saat ini telah memiliki cukup bukti bahwa perang terhadap malaria dapat dimenangkan bila pihak-pihak terkait mau bekerjasama secara efisien di level masyarakat, lokal, nasional, regional, dan internasional.
***Berita ini dirilis dari website Depkes RI***

Informasi terkait hari malaria sedunia dapat dikunjungi melalui situs http://www.rbm.who.int/worldmalariaday

Annual Malaria Incidence 2006
Annual Parasite Incidence 2006
Peta Malaria di Indonesia Tahun 2005-2006

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: