BOTOL AQUA JANGAN DIPAKAI 2 KALI


Promkes ……………….

Banyak dari kita yang suka sembarangan menggunakan kembali botol bekas minuman, baik itu botol air dalam kemasan seperti aqua atau gelas plastik dan sebagainya, karena kita berfikir dibuang sayang, toh botolnya masih bersih dan baru.
Tapi sebenarnya, botol-botol plastik atau gelas yang disebut berjenis PET ( polyethylene terephthalate ) itu berbahaya bila digunakan berulang-ulang karena mengandung zat karsinagen, yang artinya dia hanya aman untuk satu kali pakai saja.
Di beberapa wilayah Jabotabek, penggunaan botol dan gelas plastik bekas minuman ini tampaknya biasa dilakukan.Misalnya oleh tukang es dengan gerobak dorong, yang menurut si pedagang dia membeli gelas plastik tersebut yang sudah dicuci dari tukang loakan seharga Rp.25 / buah.Cara ini menurutnya lebih menguntungkan bila dibanding dia harus membelinya di toko dengan harga Rp.100 / buah.
Langkah seperti itu justru berbahaya, sebab botol dan gelas plastik, atau orang Jakarta biasa menyebutnya dengan botol / gelas Aqua, bila dicuci bisa merusak lapisan plastik , dan air atau minuman lain yang dimasukkan ke botol / gelas tersebut jelas akan bercampur dengan zat karsinogen yang ada di plastik tersebut.Itulah yang berbahaya bila diminum , karena yang namanya zat karsinogen itu adalah zat penyebab kanker. (*)

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: